Disini saya akan melakukan perbandingan diantara 3 media sosial tentang prinsip usability yang ada didalamnya, yang dimana media sosial tersebut adalah facebook, instagram, dan juga twitter
Yang pertama kita ketahui dulu apa itu usability? Usability adalah ukuran atau tingkat pengalaman pengguna saat beriinteraksi dengan produk atau sistem, aplikasi, teknologi atau perangkat yang digunakan secara efektif dan efisien dalam konteks penggunanya. Nah yang dimana jika dikaitkan dengan social media berarti Usability itu adalah Tingkat pengalaman saat berinteraksi atau menggunakan Social media tersebut
1.FACEBOOK
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dimana pengguna dapat update status, berkomentar, like, dan banyak fitur lainnya.Pengertian Facebook secara umum sendiri adalah situs atau aplikasi jejaring sosialFacebook menurut wikipedia adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada 4 Februari 2004.
a. Learnability: FACEBOOK merupakan platform Social Media yang dimana seseorang dapat mengunggah moment moment seperti foto dan juga video agar moment tersebut dapat kita
abadikan dan memperlihatkan kepada orang lain karena FACEBOOK ini bersifat Open World. Namun sama seperti Social Media lain tentu saja social media ini juga dapat mengirimkan pesan, melakukan panggilan mengirim berkas dan juga voice note.
abadikan dan memperlihatkan kepada orang lain karena FACEBOOK ini bersifat Open World. Namun sama seperti Social Media lain tentu saja social media ini juga dapat mengirimkan pesan, melakukan panggilan mengirim berkas dan juga voice note.
b. Efficiency: Segala fitur komunikasi FACEBOOK yang terhubung dengan internet dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Di antaranya, yaitu chat (pesan instan), call (telepon), dan video. Aplikasi yang mengandalkan jaringan internet ini dapat membuat komunikasi menjadi lebih efisien.
c. Memorability: Segala fitur yang terdapat didalam FACEBOOK mempunyai icon tersendiri seperti Notifikasi, Pertemanan, Beranda, dan juga Profile.
d. Errors: aplikasi FACEBOOK harus membutuhkan jaringan internet yang cukup stabil. Sehingga akan sedikit kesulitan dan terkadang terjadi down jika terhubung dengan
koneksi internet yang tidak stabil.
e. Satisfaction: menurut pengalaman saya Facebook ini sangat mudah dan nyaman untuk digunakan berdasarkan UI aplikasinya.
2. INSTAGRAM
Instagram adalah layanan jejaring sosial berbagi foto dan video yang dimiliki oleh perusahaan Amerika, Meta platforms. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah media yang dapat diedit dengan filter atau diatur dengan tagar dan penandaan geografis. Unggahan dapat dibagikan secara publik atau dengan pengikut yang telah disetujui sebelumnya.
a. Learnability: INSTAGRAM merupakan Social Media yang bertujuan untuk tempat dimana pengguna dapat mengabadikan moment foto ataupun video kedalam Social Media tersebut tidak hanya itu aplikasi ini pun mempunyai fiture Story yang dimana pengguna dapat mengunggah moment moment kedalam Story tersebut yang diberi waktu 24 jam setelah itu Story ini akan menghilang namun akan tetap ada di dalam arsip
b. Efficiency: Segala fitur komunikasi INSTAGRAM yang terhubung dengan internet dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Di antaranya, yaitu chat (pesan instan), call (telepon), dan video. Fitur menjelajah instagram pun sangat lah mudah aplikasi yang mengandalkan jaringan internet ini dapat membuat komunikasi menjadi lebih efisien.
c. Memorability: Segala fitur yang terdapat didalam INSTGRAM mempunyai icon tersendiri seperti Notifikasi, Pertemanan, Beranda, dan juga Profile. terlebih aplikasi ini mempunyai satu fitur yang iconic yaitu Ig Story
d. Errors: aplikasi INSTAGRAM tidak dapat mengunggah file dalam ukuran besar dan juga jika pengguna mengunggah foto ke feed akan terpotong menjadi ukuran 1:1
e. Satisfaction: menurut pengalaman saya INSTAGRAM ini sangatlah nyaman untuk digunakan
3.TWITTER
a. Learnability: pengguna mudah mendapatkan informasi yang up to date (paling baru) dengan melihat papan trending pada Twitter. Segala informasi ada pada Twitter, baik dalam hal politik, ekonomi, bisnis, dan sebagainya. Meskipun demikian, tidak semua hal yang trending itu pasti, bisa jadi hoax atau hanya sebatas hiburan. Untuk itu, pengguna juga perlu berhati-hati dalam menggunakan Twitter agar tidak salah dalam mengambil informasi.
b. Efficiency: Banyak media sosial lain yang belum mengetahui suatu informasi, namun di twitter informasi tersebut malah sudah menduduki papan trending. Dengan kecepatan informasi yang ada di twitter, aplikasi ini penulis anggap sebagai sarana penyampai komunikasi dan informasi yang paling efisien di era media saat ini.
c. Memorability: fitur dalam Twitter tidak beda jauh dengan fitur media sosial lainnya, sehingga lumayan mudah diingat. Apalagi bagi pengguna lama Twitter seperti penulis. Karena setiap terjadinya update pun, fitur-fitur pada Twitter ini tidak banyak yang berubah.
d. Errors: pada saat ini, jika di refresh, Twitter sering terjadi down pada timeline, dan jika sedang ada trending hashtag besar-besaran, ketika hashtagnya dibuka, sering terjadi error. Mungkin terlalu banyak pengguna yang membuka aplikasi dan hashtagnya.
e. Satisfaction: menurut pengalaman penulis, aplikasi Twitter sangat memuaskan, memiliki tampilan yang simple dan terdapat fitur-fitur yang bermanfaat bagi pengguna. Contohnya, menurut pengalaman saya, fitur markah pada aplikasi Twitter sangat membantu. Hal ini memudahkan untuk menyimpan Tweet di timeline agar dapat diakses dengan mudah dan cepat kapan saja. Dari sebuah Tweet, sentuh ikon sebarkan dan pilih Tambahkan Tweet ke Markah. Untuk melihat Tweet yang tersimpan, sentuh Markah dari menu ikon profil.
Komentar
Posting Komentar